Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menentukan Topik Blog Terbaik sesuai Passion

Sepootar | Hai Blogger...

Di postingan ini saya mau mencoba untuk membantu Anda yang kesulitan dalam memilih dan menentukan topik untuk blog. Di sini saya akan membekali Anda dengan tips untuk menggali atau mengeksplorasi bakat terpendam dalam diri sehingga Anda bisa menemukan ide dan dapat menentukan topik blog sesuai passion Anda.

Oke... Mari kita mulai.

Agar tips ini berhasil, Anda jawab pertanyaan berikut dengan jujur.

1. Apa hobi yang paling Anda sukai saat ini?

2. Apakah Anda benar-benar cinta dan serius dalam menekuni hobi tersebut?

Jika Anda menjawab dua pertanyaan di atas dengan jujur, maka itulah Passion Anda.

Jadi, tips pertama adalah temukan hobi Anda.

Mengapa hobi?

Alasannya karena hobi adalah kegiatan yang digemari oleh seseorang. Dengan kata lain, seseorang mencintai hobinya dengan tulus. Ketulusan inilah yang nantinya akan membuat Anda nyaman dalam melakukannya.

Jika Anda mencintai hobi Anda, maka sedikitnya Anda akan memiliki wawasan tentang hal itu.

Ketika Anda membuat blog berdasarkan hobi, Anda akan lebih semangat dalam membuat konten. Semangat itulah yang paling berharga ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger.

Tidak sedikit blogger atau penulis blog yang berhenti mengurus blognya di tengah jalan karena topik yang mereka pilih kurang sesuai dengan minatnya.

Jadi, memilih topik untuk blog lebih baik jika didasarkan pada hobi atau passion. Alasannya yaitu semangat membuat konten dalam jangka panjang. Akan percuma apabila Anda memaksakan diri untuk membuat blog dengan topik yang bukan merupakan hobi karena bisa menurunkan semangat secara perlahan.

Sesuatu yang dilakukan tanpa dasar minat atau passion biasanya hanya berlangsung singkat. Selanjutnya akan muncul rasa bosan dan akhirnya berhenti.

Jadi, tips dari saya tentukan topik blog Anda berdasarkan hobi saat ini.

Mengapa hobi saat ini yang harus dipilih?

Terkadang seseorang punya hobi yang berubah dari waktu ke waktu, jadi, akan lebih efektif apabila memilih hobi atau passion terbaru saat ini.

Banyak para master yang bilang bahwa dalam menentukan topik blog sebaiknya melakukan riset kata kunci (keyword) terlebih dahulu. Alasan mereka menyarankan riset keyword yaitu agar kita dapat mengetahui seberapa besar minat pembaca pada topik yang dipilih.

Konsep seperti itu memang benar. Akan tetapi, menurut saya, yang terbaik untuk seorang blogger pemula adalah memilih topik blog sesuai passion. Alasannya sudah jelas seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Saran atau tips mana yang akan Anda ikuti?

Saran dari saya atau dari master blogging?

Sebenarnya, saran dari master atau pun dari saya, keduanya bisa gabungkan atau di-kolaborasi-kan.

Pertama, Anda ikuti lebih dahulu saran dari saya dengan menentukan topik sesuai passion, kemudian lakukan riset kata kunci (keyword) untuk mengetahui seberapa besar minat pembaca dari internet terhadap topik berdasarkan passion Anda.

Saya akan memberikan gambaran singkat yang perlu dilakukan.

Hobi Anda saat ini misalnya memasak. Selanjutnya Anda bisa memilih topik memasak untuk blog Anda.

Kemudian, Anda bisa menggunakan tool online untuk riset keyword. Saya ambil contoh tool Keyword Surfer.

Ini bukan promosi.

Saya hanya mencoba menginformasikan tool riset keyword yang mudah digunakan dan gratis saat ini. Tapi sebelumnya Anda perlu memasang keyword surfer di google chrome Anda, karena tool tersebut merupakan ekstensi untuk google chrome.

Dengan Keyword Surfer Anda bisa melihat volume penelusuran kata kunci yang Anda ketik di kotak pencarian Google, sehingga Anda bisa mengetahui volume penelusuran web rata-rata untuk topik memasak.

Beginilah tampilan hasil riset keyword menggunakan keyword surfer.

tampilan hasil riset keyword masakan menggunakan keyword surfer
Gambar tangkap layar hasil pencarian google untuk keyword memasak

Pada gambar di atas terlihat bahwa keyword Memasak memiliki volume penelusuran sebesar 8,100. Jadi, topik tentang memasak dicari kira-kira 8,100 kali dalam sebulan.

Jumlah yang cukup banyak, kan?

Perlu diingat, di sini saya hanya menyampaikan tips dan bukan bermaksud membawa Anda pada materi riset keyword, karena materi itu akan saya bahas di artikel lainnya dengan lebih mendalam.

Ini hanya sebagai dasar pertimbangan Anda untuk menentukan topik blog Anda.

Jadi, dua tips yang berasal dari saya dan master blogging, keduanya bisa dikolaborasikan dengan cara yang dijelaskan tadi.

Bagaimana? Sudah paham?

Hal yang sudah dijelaskan di atas bisa diterapkan dari sekarang.
Tunggu apa lagi?

Silakan gali & eksplorasi passion Anda, dan Anda akan dengan mudah menemukan ide untuk menentukan topik blog yang terbaik sesuai passion.
Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.