Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Template Gratis

Sepootar | Di artikel ini saya akan berbagi informasi terkait kelebihan dan kekurangan apabila Anda menggunakan template gratis.

kelebihan menggunakan template blog gratis dan kekurangannya

Dengan ditulisnya artikel ini saya berharap Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, sehingga Anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakan template gratisan.

Kelebihan Menggunakan Template Blog Gratis

Setiap Anda pasti suka dengan kelebihan yang ada pada template gratis karena tidak perlu mengeluarkan isi dompet untuk membelinya.

Cukup dengan mendownload template dan memasangnya di blog Anda sudah bisa menggunakannya.

Jadi, untuk kelebihannya menurut saya yaitu kita bisa menggunakan template secara gratis tanpa membayarnya sepeser pun, dan kita tidak perlu mempelajari atau kursus membuat template dulu untuk bisa mempercantik tampilan situs atau blog.

Praktis dan simple, kan?

Kekurangan Menggunakan Template Blog Gratis

Setiap benda yang dibagikan secara gratis pasti ada saja kekurangannya. Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakan atau memasangnya di blog Anda.

Apa saja kekurangannya?
  1. Tidak ada update yang diberikan oleh pembuat atau designer template
  2. Fitur yang ada dalam template gratis umumnya terbatas
  3. Pemilik atau pembuat template biasanya mengharuskan pengguna untuk tetap memasang credit link ke situsnya.
Penjelasan:

Tidak ada update template

Pengguna template gratis tidak akan mendapatkan versi update dari template yang digunakan. Jadi, apabila suatu saat struktur HTML nya ada yang error maka template Anda akan error strukturnya.

Lain halnya apabila Anda menggunakan template versi premium, biasanya pembuat template akan memberikan update terbaru dari template yang Anda beli.

Fitur template tidak lengkap

Selain tidak mendapatkan update, pengguna template gratis juga tidak akan menikmati fitur yang lengkap dari template yang dipakai.

Misalnya: Jika dalam template premium terdapat fitur untuk menghidupkan mode malam, maka di versi gratisnya Anda tidak akan menemukan fitur tersebut.

Pembuat Template Memasang Credit Link Dofollow pada Template Gratis

Hal ini yang saya kurang suka. Mengapa?

Karena credit link bisa mengarahkan pengunjung (manusia) dan spider di blog kita ke website pemilik template. Adapun credit link yang bersifat dofollow akan memberikan rating (domain dan URL) situs kita ke website pemilik template.

Apa itu Domain & URL Rating?

Ini adalah sinyal peringkat dari domain dan halaman di situs kita yang bisa membuatnya ada di halaman pertama google.

Domain dan URL Rating merupakan istilah yang diprakarsai oleh Ahrefs. Nilai DR (Domain Rating) dan UR (URL Rating) memiliki rentang dari nol sampai seratus ( 0 - 100).

Semakin besar nilai dari domain & URL rating sebuah situs maka itu dapat mempermudah nya berada di halaman 1 hasil penelusuran google, katanya.

Jadi apabila kita menggunakan template gratis yang di bagian footer-nya terdapat credit link, link tersebut umumnya bersifat dofollow.

Dofollow ini merupakan istilah untuk tautan atau link yang akan dihitung nilainya oleh search engine, sehingga akan berpengaruh pada situs yang menerima tautan tersebut. Dengan istilah lain situs Anda sudah menyedekahkan backlink dofollow kepada website pembuat template.

Pengaruhnya apa?
Pengaruhnya pada website yang menerima backlink, bisa baik atau sebaliknya.

Credit link di template gratis menurut saya wajar, karena itu bagaikan imbalan bagi pembuat template yang sudah susah payah berjuang membuatnya.

Jadi, bagaimana menurut Anda setelah mengetahui atau memahami ini?

Jika menggunakan template gratis resiko nya yaitu kita membagi domain dan URL rating situs kita kepada website pembuat template. Jika tidak ingin berbagi rating situs Anda dengan yang lain tentunya membeli template premium adalah jalan terbaik.

Kesimpulan

Kelebihan dan kekurangan menggunakan template gratis di blog kita sudah Anda simak dan mungkin Anda pahami. Segala sesuatunya pasti ada kelebihan maupun kekurangannya, di sini saya hanya menyajikan informasi dan semua keputusan di tangan Anda.